Langsung ke konten utama

Tipe Data

Tipe data biasanya digunakan untuk menentukan jenis nilai yang dapat ditampung oleh suatu variabel, umumnya telah menyediakan tipe-tipe data yang sederhana (simple) maupun yang terstruktur. Apabila kita membutuhkan tipe data yang belum tersedia, kita dapat mendefinisikan sendiri tipe data baru yang disebut enumerated type.:
Tipe Data Ukuran Memori Jangkauan Nilai Jumlah Digit
char 1 Byte -128 s/d 127
int 2 Byte -32768 s/d 32767
long 4 Byte -2.147.438.648 s/d 2.147.438.647
float 4 Byte 3,4E-38 s/d 3,4E38 5-7
double 8 Byte 1.7E-308 s/d 1.7E308 15-16
long double 10 Byte 3.4E-4932 s/d 1.1E4932 19
Untuk mengetahui ukuran memori dari tipe data, anda dapat menggunakan fungsi sizeof() seperti program di bawah ini:

/**
* ----------------------------------------------------  
*Program2-5.cpp :   
*program untuk menentukan ukuran memori dari tipe data  
* ----------------------------------------------------  
**/ 
#include <iostream.h> 
#include <conio.h> 

void main() {         
clrscr();          
cout << "Ukuran char     : " << sizeof(char) << endl;     
cout << "Ukuran int     : " << sizeof(int) << endl;     
cout << "Ukuran long     : " << sizeof(long) << endl;     
cout << "Ukuran float     : " << sizeof(float) << endl;     
cout << "Ukuran double     : " << sizeof(double) << endl;    
cout << "Ukuran long double     : " << sizeof(long double) << endl;          
getch(); 
} 

Tipe data yang berhubungan dengan bilangan bulat adalah char, int, long. Sedangkan lainnya berhubungan dengan bilangan pecahan.
Terdapat juga beberapa tipe data tambahan yang dimiliki oleh Borland C++. Tipe data tambahan ini diberi kata unsigned di depan nama tipe data.
Unsigned digunkana bila data yang digunakan hanya data yang positif saja. Berikut beberapa tipe data tambahan yang dapat Anda gunkana, diantaranya adalah:
Tipe Data Jumlah Memori Jangkauan Nilai
unsigned int 2 byte 0 – 65535
unsigned char 1 byte 0 – 255
unsigned long int 4 byte 0 – 4.294.967.295
Contoh Program:

 
/** 
* ----------------------------------------------------  
* Program2-6.cpp :   
* mendeklarasikan beberapa variabel dengan tipe data berbeda  
* ----------------------------------------------------  
**/ 

#include <iostream.h> 
#include <iomanip.h> 
#include <conio.h>   

void main() {         
clrscr();          
char kar1 = 66;     
char kar2 = 'A';     
char kar3[30] = "Stmik El-Rahma Yogyakarta";     
cout << "Isi kar1 = " << kar1 << '\n';     
cout << "Isi kar2 = " << kar2 << '\n';     
cout << "Isi kar3 = " << kar3 << '\n';          
int bil_int1 = 32767;    
int bil_int2 = 32768;     
int bil_int3 = -1;     
unsigned int bil_int4 = -1;     
cout << "Isi bil_int1 = " << bil_int1 << '\n';     
cout << "Isi bil_int2 = " << bil_int2 << '\n';    
cout << "Isi bil_int3 = " << bil_int3 << '\n';     
cout << "Isi bil_int4 = " << bil_int4 << '\n';          
float bil_f1 = 1.23e2;     
float bil_f2 = 123.0; 
cout << "Isi bil_f1 = " << bil_f1 << '\n';    
cout << "Isi bil_f2 = " << bil_f2 << '\n';          
float bil_f3 = 56.0123456789123456789123456789;     
double bil_d1 = 56.0123456789123456789123456789;     
long double bil_ld = 56.0123456789123456789123456789;     
cout << setprecision(20); // mengatur presisi tampilan     
cout << "Isi bil_f3 = " << bil_f3 << '\n';     
cout << "Isi bil_d1 = " << bil_d1 << '\n';           
cout << "Isi bil_ld = " << bil_ld << '\n';               
 getch(); 
}

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kekuatan dan Kelemahan Tipe - Tipe Pokemon

Tipe - Tipe Pokemon Demam pokemon kian menginkat, buat kami yang gemar memainkannya mimin beri daftar kekuatan dan kelemahan tiap tipe pokemon agar membatu dalam battel di gym. tiap - tiap pokmon dikelompokan kedalam 18 tipe yang berbeda diantarnya  Normal, Fighting, Flying, Poison, Ground, Rock,Steel, Fire, Psychic, Ice,  Bug, Grass, Water, Electric, Ghost, Dragon, Fairy dan Drak Setiap Pokemon dapat memiliki satu atau dua Tipe sekaligus. Contoh, Pikachu merupakan Pokemon bertipe Electric, sedangkan Bulbasaur merupakan Pokemon dengan Tipe Grass sekaligus Poison. Ada total 151 Pokemon, 84 diantaranya hanya memiliki satu Tipe sedangkan 67 Pokemon memiliki dua Tipe. Pokemon yang tipenya sama, memiliki kekuatan dan kelemahan yang sama juga saat Battle. Misal, Pokemon Tipe Poison melawan Tipe Poison, damage yang akan diterima akan setara. Di sisi lain, Pokemon Tipe Water mampu melakukan attack dengan damage besar ke Pokemon Tipe Fire yang lemah terhadap ser...

Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer

Klikartikel.com - Pengertian topologi jaringan komputer yaitu suatu teknik atau cara untuk menyambungkan komputer ke beberapa komputer sekaliguan menjadi suatu jaringan yang terkoneksi satu dengan yang lainya. Ada banyak jenis topologi jaringan komputer didunia ini namun yang paling sering digunakan ada 5 jenis jaringan yaitu topologi jaringan ring, topologi jaringan start, topologi jaringan bus, topologi jaringan mesh dan topologi jaringan tree. Berikut ini pembahasaan dari tipe - tipe topologi jaringan. 1. Topologi Ring Topologi ring yaitu teknik menyambungkan komputer dengan cara setiap komputer di hubungkan dengan komputer yang lain dan seterusnya sampai kembali ke komputer pertama yang nantinya akan membentuk seperti lingkaran sehingga topologi ini sering disebut dengan ring. Komputer 1 akan mengirim file atau berkomunikasi dengan komputer 4, maka data akan melewati komputer 2 dan komputer 3 sampai data diterima oleh komputer...

Menyembunyikan Pesan Error Notice: Undefined index

Pada pembahasan kali ini kita akan membahas bagai mana cara menghilangkan Notice: Undefined index:,  Sebelum kita mengetahui cara menghilangkan pesan error  Notice: Undefined index:,  yang perlu kita ketahui adalah maksud atau arti dari pesan error tersebut.  Notice: Undefined index: merupakan sebuah pesan dari variabel atau  Constanta yang tidak memiliki nilai (value). Jadi variabel atau contanta tersebut merupakan variabel kosong, lalu bagaimana cara menghilangkan pesan tersebut, berikut caranya : sebagai contoh kita ketikan script php seperti dibawah ini : <html> <head> </head> <body> <a href='?pg=1'>Hal 1</a> <a href='?pg=2'>Hal 2</a> <a href='?pg=3'>Hal 3</a> <?php     if($_GET['pg']== 1)         echo "Ini halaman 1";     elseif($_GET['pg']== 2)         echo "In...